Siapa yang masih suka ngenet (internetan) di warnet? Dulu waktu belum berlangganan internet, hampir tiap hari saya ke warnet. Syukur lah... sejak harga modem dan biaya berlangganan internet semakin murah, saya sudah jarang ke warnet, karena sudah bisa ngenet dari rumah. Tapi kalau koneksi internet saya lagi lemot atau pengen download file berukuran besar, biasanya saya langsung meluncur ke warnet
.


Oke, sesuai judul postingan ini (cara aman internetan di warnet) saya ingin berbagi sedikit tips tentang cara aman saat online di warnet. Cara ini selalu saya pakai kalau online menggunakan komputer umum seperti di warnet, termasuk di komputer teman.

Kita tahu kalau warnet itu tiap hari digunakan oleh banyak orang, sehingga kalau tidak hati-hati, data kita bisa terekam dan tertinggal di komputer warnet sehingga bisa dicuri orang lain.

Cara ini sebenarnya bukan hal yang baru. Sebagian besar pengguna komputer dan internet saya yakin sudah tahu, tapi saya yakin juga masih banyak yang belum tahu atau sudah tahu tapi lupa menggunakan-nya. Cara aman internetan di warnet yang saya maksud adalah dengan fitur private browsing. Fitur ini sudah sempat saya singgung pada tulisan sebelumnya tentang tips mengamankan akun facebook dan twitter dari pembajakan.


Fitur Private Browsing Mozilla Firefox


Setiap browser, baik itu Mozilla Frefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, dll, sudah dilegkapi dengan fitur Private Browsing. Cuma mungkin namanya saja yang beda-beda pada setiap browser. Contohnya kalau di Mozilla Firefox, namanya “Private Window” tapi kalau di Google Chrome namanya Incognito window (jendela penyamaran).

Fitur Private Browsing

Dengan menggunakan Private Browsing saat online, maka ketika kita selesai online dan menutup browser, apa yang kita buka dan ketik di browser tersebut otomatis akan terhapus. Jadi orang lain tidak akan bisa tahu situs apa saja yg telah kita buka. Termasuk username dan password juga akan ikut terhapus sehingga walaupun kita lupa mengklik tombol logout/keluar sehabis membuka facebook, twitter, atau email, akun kita akan tetap aman karena otomatis akan logout.

Nah, itu lah cara aman saya kalau lagi internetan di warnet. Walaupun tidak ada yang 100 persen aman di internet, tapi setidaknya ini adalah cara yang menurut saya paling aman digunakan saat online menggunakan komputer umum seperti komputer di warnet. Pokoknya kalau online menggunakan komputer orang lain  sebaiknya gunakan fitur private browsing.

Mungkin teman-teman punya tips lain?