Pengelola Starbucks dan Burger King raup laba Rp 63 miliar PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) telah membukukan kenaikan laba 9 persen menjadi Rp 63 miliar selama tiga bulan pertama 2013 dibanding periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal pertama tahun lalu, laba MAPI mencapai Rp 58 miliar.

Pencapaian laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan yang tumbuh menjadi Rp 2,11 miliar. Angka ini meningkat 29 persen dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp 1,63 miliar.
"Konsumsi domestik yang kuat turut menopang pertumbuhan pendapatan perseroan sehingga kami proyeksikan bahwa peluang untuk kekuatan belanja kelas menengah akan terus berlanjut," ujar Sekretaris Perusahaan MAP, Fetty Kwartati dalam keterangan tulis yang diterima merdeka.com, Jakarta, Minggu (5/5).

Menurut dia, gelombang pembelanjaan masyarakat di Indonesia melonjak cukup tinggi sehingga menjadi peluang perseroan untuk meraih keuntungan atas kekuatan belanja kelas menengah tersebut
Kenaikan ini juga berimbas pada laba usaha perseroan yang tumbuh menjadi Rp 123 miliar dibanding tahun lalu sebesar RP 113 miliar.
Di samping itu, kuartal pertama tahun ini MAPI telah membuka sejumlah 57 gerai dan membawa jumlah gerai MAP menjadi 1.440 di 52 kota. Beberapa konsep (merek) baru telah diluncurkan pada kuartal pertama 2013, termasuk Godiva (cokelat premium dari Belgia) dan Suite Blanco (merek fashion terkemuka dari Spanyol). Sebagai bagian dari strategi pertumbuhan yang agresif, MAP berencana untuk membuka sekitar 350 gerai baru pada 2013.
MAPI merupakan pemegang lisensi beberapa merek perdagangan di Indonesia seperti Starbucks, Burger King, Swatch, DKNY, Zara, Food Hall, Debenhams, Sogo, Adidas, Calvin Klein dan beberapa merek lain.